Monday 27 March 2017

IMM: Aku dan K-Pop

[Postingan Random]

Dulu...misalnya saya ditanyain tentang K-Pop, pasti saya gak akan bisa jawab sama sekali...

Sebagai pecinta drama korea yang cuman update sama judul-judul drama beserta aktor-aktrisnya, ngebayangin bisa nge-stan salah satu boyband (BB) atau girlband(GB) adalah hal yang gak pernah terpikirkan sama sekali. Biarpun sebenarnya dari dulu nama-nama BB atau GB semacam Super Junior, 2PM, SNSD, 2NE1 tidak asing lagi bagi saya, saya tidak pernah ada pikiran untuk mengenal mereka lebih jauh. Apalagi saya lemah banget kalau disuruh ngapalin nama dan wajah orang secara cepat...

Tapi...jadi lain cerita kalau misalnya mereka pernah muncul di drama atau reality show. Dijamin saya pasti langsung bisa hapal sama nama dan wajah mereka.

Makannya mau gak mau saya pun jadi makin tertarik dengan hal-hal yang serba K-Pop. Pelan-pelan saya mulai banyak tau nama grup BB/GB lainnya (walaupun hanya tau namanya saja), saya pun mulai suka ngedownload lagu-lagu korea, sampai terkadang juga ngekepoin comeback-nya beberapa BB atau GB di youtube, biarpun itu semua hanya sebatas memenuhi rasa ingin tau saya saja.

Sampai kemudian, pada tahun 2013, saya dikenalin sama CNBLUE oleh teman saya. Dan ternyata, meskipun nama CNBLUE sudah agak lama saya ketahui dan saya pun suka juga dengerin salah satu lagu mereka, saya gak pernah tau kalau mereka adalah grup band, karena selama itu menyangkanya K-Pop hanya disinya dengan BB atau GB saja. Duh kaget banget deh pas tau ini...

Tapi gara-gara itu, saya jadi tertarik banget dengan CNBLUE yang 'beda' dari kebanyakan, sampai saya ngecekin mereka di youtube, mulai dari MV sampai live performance-nya. [baca cerita lebih lanjutnya disini]. Dari situ, gak disangka-sangka, saya malah suka banget sama musik mereka, dan kemudian memutuskan untuk menjadi fans mereka. ๐Ÿ˜

Terus...Apakah sekarang juga masih suka dengan K-Pop? Masih! Walaupun sebenarnya gak terlalu update dengan kabar mereka, seiring berjalannya waktu, gak cuman CNBLUE saja yang saya suka, tapi juga 2PM, B1A4 dan SF9. Dan cerita kenapa saya bisa suka sama mereka pun berbeda-beda
***

Kalau diingat-ingat, dari tahun 2011 sebenarnya saya sudah tau sama 2PM. Soalnya Taecyeon pernah main di drama Cinderella's Sister dan Dream High (waktu itu belum ngeh kalau ada Wooyoung juga disana haha). Tapi yaudah, cuman tau itu dan lagu Hands Up aja. 

Barulah pada tahun 2013, ketika Chansung dikabarkan akan main di drama 7th Civil Servant, saya mulai ada rasa tertarik dengan mereka, hingga saya suka iseng nge-kepoin lagu baru mereka, yang berjudul Comeback When You Hear This Song, A.D.T.O.Y. dan Go Crazy. Dan selama itu juga, saya tetap hanya sebatas menikmti lagu-lagu mereka saja.

Sampai kemudian saya sukses dibuat naksir beneran sama 2PM ketika melihat performance mereka di KBS Gayo Daejun tahun 2014. Ngeliat mereka tampil mengisi acara ini, benar-benar bikin saya kagum, karena mereka sangat niat sekali mempersiapkan penampilan mereka, mulai dari lagunya yang di aransemen ulang, sampai perihal kostum mereka.



Yaudah deh... dari situ akhirnya saya memutuskan untuk benar-benar suka sama mereka, dan memilih Junho sebagai member yang paling disayang di 2PM haha (padahal pas awal-awal lebih suka Chansung). Gak tau kenapa bisa berubah haluan, sepertinya karena seneng sama eye-smile nya dia. Dan makin naksir banget sama Junho ketika dia merambah ke dunia akting, seperti sekarang-sekarang ini nih, dimana dia lagi main di drama Chief Kim, dan dapat banyak pujian karena aktingnya keren banget ๐Ÿ˜˜
***

Lalu untuk B1A4... sebenarnya hampir mirip juga sih. Nama B1A4 sudah saya ketahui ketika Baro main di drama Reply 1994, lalu kemudian Jin Young di drama Persevere Goo Hae Ra. Dari situ saya pun jadi suka iseng-iseng ngedengerin lagu mereka, misalnya Lonely dan Solo Day.

Dan semenjak Jinyoung yang habis main drama di Moonlight Drawn by Clouds, gak lama setelah dramanya tamat, kemudian ngumumin bahwa B1A4 akan comeback, saya pun jadi pingin tau juga gimana lagu baru mereka. Dan ternyata lagu baru mereka yang judulnya A Lie ini enak banget, padahal baru sekali didengerin.

Yaudah deh, saya pun jadi suka  nontonin comeback terbaru mereka di acara musik (pingin liat live performanc-nya) dan video mereka yang lain. Dari situ kemudian saya mulai ngafalin semua nama membernya, dan akhirnya jadi suka sama Sandeul, soalnya suara dia bagus banget, dan kalau nyanyi menghayati banget (padahal aslinya dia itu heboh dan ga bisa diem banget๐Ÿ˜‚). Dan makin naksir pas denger lagu solo-nya dia yang judulnya Stay as You Are. Tapi memang B1A4 ini lagunya enak-enak semua sih.
***

Kemudian yang terakhir adalah SF9, yang baru-baru ini berhasil banget mencuri perhatian saya, yang bulan oktober 2016 kemarin baru banget debut.

Agak nyesel sih kenapa saya baru suka sama mereka sekarang, padahal suka denger berita mereka dari jaman acara d.o.b., sampai kemudian mereka menang dan bisa debut. Soalnya mereka ini adek-adeknya CNBLUE dan salah satu membernya ada Chani. Jadi memang sudah menarik perhatian saya banget dari awal. Sayangnya memang saya gak ngikutin bener-bener perkembangannya mereka.

Dan ketika akhirnya mereka debut, saya pun nge-kepoin lagu mereka yang Fanfare. Biarpun awal-awal lagunya terasa aneh, tapi ternyata langsung nyantol juga di kepala, sampai kadang suka saya nyanyiin.

Terus...apakah kemudian memutuskan untuk suka dengan SF9? Enggak...saat itu saya masih jadi orang yang sekedar penasaran sama mereka, yang notabene BB pertamanya FNC Ent. Tapi gak dipungkir juga, Dari jeda waktu mereka debut dan kemudian ngerilis mini album lagi, saya sering banget ngeliat video dance practice mereka yang berbagai versi, dan itu gak cuman ditonton sekali.

Yaudah deh, ketika akhirnya ROAR dirilis, saya pun langsung ngecek MV mereka di youtube. Dan dari situ, kemudian saya merasa harus ngapalin semua member-membernya, gara-gara saya gak bisa nemu satu orang yang dari jaman Fanfare, menarik perhatian saya banget. Dan akhirnya tau juga kalau ternyata namanya adalah Taeyang๐ŸŒž.

Lalu semenjak berhasil ngapalin nama mereka, dan makin sering nge-kepoin mereka, saya pun lama-lama jadi tau aslinya mereka kaya gimana yang ternyata minta difavoritin banget semuanya (biarpun Taeyang tetep nomor 1). Jadinya suka banget deh sekarang sama SF9 ๐Ÿ˜†
***

So... begitulah cerita bagaimana saya yang tadinya biasa-biasa saja sama K-Pop, kemudian perlahan-lahan bisa menyukainya, sampai bisa memutuskan untuk suka 4 grup itu. Haha...kalau dipiki-pikir, gak nyangka banget sih. But I'm happy with that...

Sekian...

No comments:

Post a Comment