Wednesday 7 March 2018

Review Drama Korea 2017 [Part 2]


10. The Best Hit (KBS2)
32 Episode (durasi 35 menit/episode)
2 Juni - 2 Juli 2017

Yoon Shi Yoon as Yoo Hyun Jae
Lee Se Young as Choi Woo Seung
Kim Min Jae as Lee Ji Hoon 
Cha Tae Hyun as Lee Gwang Jae

Seorang idola populer bernama Yoo Hyun Jae menghilang secara misterius pada tahun 1993 dan tiba-tiba sudah berada di tahun 2017. Dia pun bertemu dengan beberapa orang yang telah dia kenal sebelumnya dan mengetahui sebuah fakta bahwa pada tahun 1994 dia dinyatakan hilang dan meninggal. Dengan banyaknya keanehan yang terjadi, Hyun Jae pun mulai mencari tau misteri dibalik itu semua.

Selain itu, di tahun 2017 Hyun Jae bertemu dengan Lee Ji Hoon, seorang remaja yang punya cita-cita menjadi idol, yang tanpa sepengetahuan orang tuanya diam-diam menjadi seorang trainee di sebuah perusahaan entertainment.

Boleh dibilang, The Best Hit ini cukup menjanjikan sekali di awal-awal penayangannya. Ceritanya menarik dan humornya pun bisa bikin kita ikutan ketawa. Tapi entah mungkin pada dasarnya memang bukan selera saya. Ketika cerita mulai fokus ke romance cinta segitiga antara Hyun Jae, Woo Seung dan Ji Hoon, pelan-pelan saya mulai hilang minat juga sama drama ini karena merasa ceritanya terlalu 'aneh' dan sulit dibayangkan, meski sadar kalau drama ini punya genre fantasy (yang berarti apapun bisa terjadi). Sehingga akhirnya memutuskan untuk lanjut dengan baca recapan dramanya saja. Untuk lebih jelas kenapanya, silakan baca tautan link berikut ini: 

11. Fight For My Way (KBS2)
16 Episode
22 Mei - 11 Juli 2017

Park Seo Joon as Go Dong Man
Kim Ji Won as Choi Ae Ra
Ahn Jae Hong as Kim Joo Man
Song Ha Yoon as Baek Seol Hee

Fight for My Way adalah tentang empat orang sahabat, yaitu Go Dong Man, Choi Ae Ra, Kim Joo Man dan Baek Seol Hee yang sewaktu kecil mereka ini punya sebuah mimpi yang ingin diwujudkan. Namun sayang, karena tuntutan hidup yang berat, ketika sudah dewasa mereka memutuskan untuk menyerah mengejar mimpi-mimpi mereka.

Dibanding dengan beberapa drama yang saya tonton, Fight for My Way termaksud drama yang jalan ceritanya gampang ketebak, tapi tetep masih asik buat ditonton sampai tamat. Yang bikin beda karena disini nyeritain kisahnya Dong Moon yang mau jadi MMA fighter, dan tiga orang lainnya dalam mengejar mimpi dan cita-cita lama mereka yang sempat ditinggalkan. Chemistry antar otp (karena disini ada dua couple) sama-sama pas dan cocok. Kisah persahabatan mereka berempat juga asik buat diikuti meski pada akhirnya akan lebih fokus ke romance masing-masing otp. Dan romance-nya pun lumayan seru, apalagi untuk Joo Man dan Seol Hee yang emang lebih greget banget kisahnya dan bikin baper. So...kalau butuh drama ringan, Fight for My Way bisa jadi pilihan kalian. 

12. Circle (TVN)
12 Episode
22 Mei - 27 Juni 2017

Yeo Jin Goo as Kim Woo Jin
Gong Seung Yeon as Han Jung Yeon
Ahn Woo Yeon as Kim Beom Gyoon 
Kim Kang Woo as Kim Joon Hyuk
Lee Gi Kwang as Lee Ho Soo

Circle merupakan drama sci-fi yang punya dua setting waktu, yaitu tahun 2017 dan 2037.
Beberapa kasus bunuh diri di lingkungan kampus, diyakini terjadi karena keberadaan alien yang pernah ditemui oleh Woo Jin dan Beom Gyoon sewaktu kecil. Disaat Woo Jin yakin bahwa kejadian tersebut tidak berhubungan dengan alien, Beom Gyoon justru kebalikannya dan memilih untuk mengejar alien tersebut sampai akhirnya dia dinyatakan hilang secara misterius....

Dengan ceritanya yang unik, Circle jadi salah satu drama terbaik tahun ini yang pernah saya tonton. Semua unsur yang ada di drama ini bisa dikatakan nyaris perfect. Eksekusinya smooth bangett. Ceritanya pun juga mindblowing, sampe bikin kita bengong. Selama nonton pun selalu dibikin puas karena plot dan eksekusi drama ini terbilang rapih dan detail hampir tidak ada cacat. Seperti misalnya ada scene yang tadinya bukan scene penting, di next episode bisa saja scene itu jadi punya makna penting.

Biarpun di awal agak membingungkan karena Circle punya dua timeline dan setting cerita berbeda, kalau tetep lanjut ditonton beneran nggak akan bikin nyesel. Misterinya sungguh luar biasa. Pokoknya kalau kalian suka genre sci-fi, Circle wajib untuk ditonton! 
Baca Juga: Circle [Review]

13. Secret Forest (TVN)
16 Episode
10 Juni - 30 Juli 2017

Cho Seung Woo as Hwang Shi Mok
Bae Doo Na as Han Yeo Jin
Yoo Jae Myung as Lee Chang Joon
Lee Joon Hyuk as Seo Dong Jae
Shin Hye Sun as Young Eun Soo

Akibat operasi otak yang pernah Hwang Shi Mok lakukan saat masih kecil, ia tumbuh menjadi orang yang tidak punya emosi. Ketika dewasa dia bekerja di kejaksaan dan jadi satu-satunya jaksa yang tidak pernah terlibat korupsi. Suatu hari, penyelidikannya atas sebuah kasus pembunuhan ternyata membawa dia kepada kasus-kasus lain, mulai dari pembunuhan berantai dan kasus korupsi di kejaksaan. Bersama seorang polisi bernama Han Yeo Jin, mereka pun bekerja sama untuk memecahkannya.

Secret Forest ini tipe legal drama yang kalau ditonton bikin kepala jadi mumet banget. Dari awal sampai akhir misterinya kaya benang kusut. Yang mula-mula hanya satu kasus pembunuhan, ujung-ujungnya malah merembet kemana-mana dan jadi kasus yang besar banget. 

Kita pun masih dibikin bingung karena selama nonton susah nebak siapa disini karakter yang sebenarnya baik dan jahat. Bawaannya jadi paranoid. Giliran akhirnya terungkap siapa dalang semuanya, cuman bisa bengong, nggak nyangka. 

Dan Hwang geomsa ini jadi salah satu karakter terkeren di Secret Forest. Perjuangan dia buat menumpas pelaku koruptor itu nggak main-main, apalagi dia ini awalnya cuman sendirian, hampir nggak ada yang ngedukung dia. Keren sih pokoknya ngikutin perjalanan dia! Jadi, kalau kalian demen nonton drama berat, boleh banget Secret Forest dicoba. Recommended! Dan denger-denger katanya tahun ini mau dibikin season 2. Semoga saja beneran...

14. School 2017 (KBS2)
16 Episode
17 Juli - 5 September 2017

Kim Se Jeong as Ra Eun Ho
Kim Jung Hyun as Hyun Tae Woon
Jang Dong Yoon as Song Dae Hwi
Seol In A as Hong Nam Joo
Park Se Hwan as Oh Sa Rang
Seo Ji Hoon as Yoon Kyung Woo
Kim Rowoon as Issue/Kang Hyun Il

Merupakan another School series. Bercerita tentang murid-murid SMA yang ditekan untuk belajar tanpa punya kebebasan. Pihak sekolah selalu mengelompokkan mereka berdasarkan ranking. Hingga kemudian munculah murid misterius 'Student X' yang membuat banyak kekacauan di sekolah sebagai bentuk protes kepada guru disana.

Sebenarnya saya cukup punya ekpektasi besar sama drama ini meski dari segi cast kebanyakan diisi oleh rookie artist. Pada paruh pertama, School 2017 bisa dibilang punya cerita yang cukup asik dan seru, still relatable dengan kisah anak sekolahan. Sayangnya pada paruh kedua justru sebaliknya. Drama ini malah makin fokus dengan romance pemeran utama dan misteri 'Student X' saja, padahal di drama ini ada banyak side story yang menarik jika diulas lebih jauh.

Dan itu cukup bikin kecewa karena rasanya berbeda dari apa yang mereka promosikan pas diawal. Kalau diingat-ingat masih bikin kesal, mereka menyia-nyiakan keberadaan supporting character yang ada. Masih tidak habis pikir sama mereka, padahal mengundang Seo Ji Hoon dan Rowoon ke presscon, terdapat foto mereka di official poster, di rilis pula relationship chart karakter yang mereka mainin. Tapi pas dramanya tayang malah jadi figuran. Dari 16 episode (sekitar 16 jam) total screentime mereka tidak sampai 15 menit. Serius!
Baca Juga:

15. Save Me (OCN)
16 Episode
5 Agustus - 24 September 2017

Seo Ye Ji as Im Sang Mi
Taecyeon as Han Sang Hwan
Woo Do Hwan as Seok Dong Cheol
David Lee as Woo Jung Hoon
Ha Hoe Jung as Choi Man Hee

Save Me bercerita tentang Im Sang Mi yang terjebak didalam kelompok religius pemujaan sesat. Pada suatu hari ia bertemu dengan sekelompok pemuda dan meminta tolong untuk diselamatkan.

Yang bikin beda Save Me dengan drama kebanyakan adalah, disini mereka bikin tema tentang pemujaan sesat yang (setahu saya) belum pernah ada sebelumnya. Dan karena itu pula Save termaksud drama yang sangat dark untuk ditonton, kelam banget dan bikin depresi liatnya. Butuh ketahanan mental yang kuat biar nggak ikutan gila, karena selama nonton Save Me kita selalu dibikin ngerasa jijik, benci dan sangat marah sama pemeran antagonisnya, khususnya sama si spiritual father. Tapi, meskipun ini drama emang agak bikin nggak nyaman untuk ditonton, terlalu banyak adegan 'gila' disini, kalau udah suka nggak akan bisa berenti juga, karena selalu dibikin penasaran sema kelanjutannya. Dari segi cerita, akting, eksekusi termaksud bagus. Bikin merinding! So...kalau kalian ngerasa punya nyali besar untuk nonton Save Me, silakan dicoba karena recommended banget.
Baca Juga: Save Me [Review]

16. Age of Youth 2 (JTBC)
14 Episode
25 Agustus - 7 Oktober 2017

Han Ye Ri as Yoon Jin Myung
Han Seung Yeon as Jung Ye Eun
Park Eun Bin as Song Ji Won
Ji Woo as Yoo Eun Jae
Choi A Ra as Jo Eun

Melanjutkan series sebelumnya, Age of Youth 2 hadir kembali menceritakan kisah anak-anak Belle Epoque. Setelah kepindahan Kang Yi Na yang mendadak, 10 bulan kemudian Jin Myung, Ji Won, Ye Eun dan Eun Jae kedatangan anak baru bernama Jo Eun. Diamana tanpa mereka ketahui, Jo Eun sebenarnya datang karena sebuah surat misterius yang ia temukan dan ingin mencari penerima surat tersebut.

Age of Youth 2  tentu sangat ditunggu bagi kalian penggemar season pertamanya, meski tidak semua cast lama kembali bergabung. Memulai episode perdana dengan keseruan yang sama dengan season sebelumnya, Age of Youth 2 tentu layak untuk ditonton, apalagi ada misteri baru yang bikin kita penasaran. Geng Belle Epoque juga masih tetap sama asiknya, masih ada Song Ji Won yang selalu ramai dan heboh. Dari segi cerita drama ini juga masih banyak menampilkan hal-hal yang relatable dengan kehidupan, bagaimana setiap orang pasti ada pasang-surutnya, tidak selalu berada di posisi yang sama. Walau memang....jika harus memilih, saya sebenernya tetap lebih suka dengan Age of Youth season 1 ketimbang season yang sekarang ini....
Baca Juga:

17. Girls' Generation 1979 (KBS2)
8 Episode
11 September - 3 Oktober 2017

Bona as Lee Jung Hee
Chae Soo Jin as Park Hae Joo
Seo Young Joo as Bae Dong Moon
Lee Jong Hyun as Joo Young Choon
Yeo Hoi Hyeon as Son Jin

Drama ini berlatar di Daegu pada tahun 1979. Menceritakan kisah seorang anak gadis SMA yang bertemu seorang teman baru yang sangat baik dan juga untuk pertama kalinya merasakan jatuh cinta kepada senior yang telah menolongnya.

Selain drama Circle, Girls' Generation 1979 juga jadi salah satu drama terbaik tahun 2017. Meski punya cerita yang sederhana dan ringan, tapi penuh makna didalamnya. Dan ceritanya pun tidak sebatas tentang love story khas anak SMA, tapi ada juga kisah tentang persahabatan dan keluarga yang sungguh amat heartwarming. Biarpun ceritanya terkesan biasa, karena eksekusinya rapih, mereka selalu bisa bikin kita ikutan tersenyum atau sedih juga saat menontonnya. Rasanya seperti ada kebahagian tersendiri bisa menyaksikan kisah anak-anak Daegu ini. Apalagi selama nonton dari awal sampai akhir kita selalu dibikin puas sama keseluruhan drama ini. Beneran baguuuus banget. Apalagi ditambah dengan ost. dan BGM yang sangat ear catching. Very very recommended!

Kalau kalian kangen sama Reply series yang fenomenal, drama ini bisa jadi pilihan karena punya 'vibe' yang sama. And trust me....Girls' Generation 1979 justru lebih terasa seperti bagian dari School series dibanding School 2017 itu sendiri.

18. 20th Century Boy and Girl (MBC)
32 Episode (durasi 35 menit/episode)
9 Oktober - 28 November 2017

Han Ye Seul as Sa Jin Jin
Kim Ji Suk as Gong Ji Won
Lee Sang Woo as Anthony
Ryoo Hyoun Kyoung as Han Ah Reum
Lee Sang Hee as Jang Young Shim

20th Century Boy and Girl (20CBG) merupakan komedi romantis hangat yang bercerita tentang kisah romansa dan persahabatan empat orang sahabat, yaitu Sa Jin Jin, Gong Ji Won, Han Ah Reum dan Jang Young Shim.

Sama seperti Fight for My Way, drama ini juga menceritakan kisah persahabatan yang sudah terjalin sejak mereka kecil, dan pemeran utamanya akan saling jatuh cinta. Bedanya paling kalo dari cerita 20CBG ini lebih ringan dan santai, ngalir gitu aja. Dan hearwarming juga. Konfliknya enggak dibuat rumit karena selalu cepat diselesaikan. Walaupun memang tipe drama seperti ini pasti gampang ketebak ceritanya akan sepeti apa, entah kenapa tetep dibuat betah sama drama ini. Chemistry Han Ye Seul sama Kim Ji Suk bagus banget. Aura mereka berdua bersinar banget disini😍. Pokoknya kalau mereka lagi satu scene pasti bikin bahagia. Interaksi Sa Jin Jin-Gong Ji Won soalnya sweet banget, banyak bikin kita senyum-senyum sendiri. Nonton drama ini rasanya bisa bikin mood kita jadi bagus juga karena nontonnya nggak perlu sampe mikir. Menurut saya cukup recommended buat kalian yang lagi butuh rehat sama drama berat dan rumit.

19. Hospital Ship (MBC)
40 Episode (durasi 35 menit/episode)
30 Agustus - 2 November 2017

Ha Ji Won as Song Eun Jae
Kang Min Hyuk as Kwak Hyun
Lee Seo Won as Kim Jae Gul

Hospital Ship menceritakan kisah para dokter muda yang bekerja di rumah sakit kapal untuk memberikan pelayanan medis kepada penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil yang belum memiliki akses kesehatan.

Sebenarnya bingung harus bahas apa, soalnya saya tidak berhasil menyelesaikan drama ini. Salah satu alasannya karena saya masih terbayang-bayang dengan drama Romantic Doctor Teacher Kim, medical drama yang menurut saya bagus banget. Karena memang genrenya sama, mau tidak mau jadi membandingkan dua drama ini. Dan Hospital Ship masih kurang dalam memenuhi ekspektasi tinggi saya terhadap sebuah drama medis. Di awal memang cukup seru, tapi sayang ceritanya kurang bikin greget. Selain itu karena di waktu yang bersamaan ada banyak drama lain yang lebih menarik. Saya pun memilih untuk menonton drama stasiun TV sebelah. Mian.....

_________________________________________________
_____________________________________________

Komentar:
Finally, akhirnya beres juga bikin part 2. Entah kenapa bikin review ini bawaanya selalu males banget. Udah dicicil tapi rasanya nggak kelar-kelar. Semoga Part 3 bisa secepatnya saya selesaikan.

Bagi yang belum tahu, Pada pertengahan tahun 2017, stasiun tv publik seperti KBS, SBS, dan MBC membuat kebijakan baru, dimana tayangan drama yang tadinya tidak ada iklan jadi ada iklan di tengah-tengahnya. Sehingga mereka memotong drama berdurasi 70 menit menjadi dua part (dua episode) yang masing-masing berdurasi 35 menit. Jadi jangan bingung kalau kalian menemukan drama yang punya episode banyak (misalnya ada 32 episode) padahal bukan jenis drama keluarga yang punya banyak episode, karena sebenarnya kalau diliat dari durasi pun, sebanding dengan drama yang punya 16 episode.

Kenapa begitu? Karena acara-acara yang berasa dari Korea kena banned di China, tidak bisa tayang padahal mereka biasanya dapet keuntungan besar dari sana. Jadi mereka pun terpaksa memasukkan iklan di tengah penayangan drama, biar punya income lain. Tapi kalau tidak salah juga, sekarang larangan itu sudah dihapus, tidak berlaku lagi. Jadi, beberapa drama baru mulai kembali dengan durasi tayang 70 menit per sepisodenya *cmiiw

Sekian....
Happy Watching 🔥🔥

source: Asianwiki, Dramawiki
credit picture: Drama Potato, (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)

No comments:

Post a Comment