Thursday 8 June 2017

IMM: PD101

I'm still can't get over by Produce 101 and Yoo Hoeseung. 
Yeah...this post actually will be all about that show and Yoo Hoeseung.

Beberapa minggu terakhir saya lagi suka ngikutin Produce 101 Season 2. Produce 101 merupakan acara reality & survival show dari Mnet, yang mengumpulkan 101 trainee berbakat dari berbagai perusahaan entertainment, untuk bersaing menjadi yang terbaik, sehingga national producer bisa memilih mereka menjadi bagian dari 11 trainee beruntung yang akan didebutkan menjadi temporary boy grup selama sekitar satu tahun (pada season 1, mereka membentuk sebuah girl group yang dinamakan IOI) *cmiiw

Menarik bukan? Apalagi Produce 101 season 2 merupakan boys version dari season sebelumnya. Bagi para ciwi-ciwi pasti surga banget bisa liat cogan dimana-mana 😍😍

Tapi...tidak untuk saya (pada awalnya)...
Karena belum pernah ngikutin Produce 101 season 1, saya termaksud orang yang tidak peduli ketika season 2 akan dibuat. Banyaknya peserta yang ada di acara ini menjadi salah satu alasannya karena saya paling susah kalau disuruh menghapal nama dan muka orang (oke..ini gak masik akal sih). Alasan lainnya, karena terlalu banyak kontroversi sebelum acaranya tayang. Tiap hari ada aja berita yang muncul tentang acara ini. Duh...

Namun, mau seenggak pedulinya saya sama acara ini, lama-lama kepingin juga kepoin Produce 101, tepatnya...semenjak FNC Ent. ternyata ngirim satu trainee yang namanya Yoo Hoeseung kesini. Oh God...sebagai FNCstan, Boice dan Fantasy, ini pancingan banget buat saya.

Akhirnya PD101 pun saya tonton saking saya penasaran dengan si FNC trainee itu. Sayangnya penampilan Hoeseung yang sudah saya tunggu-tunggu sampai episode 2 masih dibawah ekpektasi. Entah mungkin karena part dia cuman ditampilin sebentar banget atau gimana, disitu belum keliatan kualitas vokal juga dance-nya, kesannya yah biasa aja. Untung tidak lama kemudian, Mnet nayangin dia dan beberapa trainee yang lagi latihan lagu Nayana, dan WOW!! Vokalnya Hoesung ternyata bagus dan powerful banget!😱 Langsung kepincut sampai akhirnya saya putuskan untuk lanjut nonton PD101 dan mendukung dia.


Dan tak dipungkiri, saya ternyata menikmati banget nonton PD101. Seru sekali melihat trainee latihan, saling berinteraksi dan perform diatas panggung. Namun sayang, rasa antusias ini hanya berlangsung sebentar. 

Ketika para trainee mulai mempersiapkan grup battle, ada banyak hal yang membuat saya kecewa dengan acara ini, seperti misalnya pembagian grup yang tidak merata dari segi ranking ataupun jumlah anggota, serta sistem penilaian mereka yang 'tidak fair'. Rasanya aneh ada grup yang berisikan banyak trainee ranking atas bertanding dengan grup yang hanya berisikan trainee ranking bawah. Belum lagi dengan tingkat kepopuleran mereka. Grup yang punya anggota populer tentu punya kesempatan besar untuk menang. Tapi dari semua itu, yang paling menyebalkan sih bagaimana skor akhir grup didapat dari penjumlahan voting anggotanya saja (tidak dirata-ratakan), padahal setiap grup ada yang beranggotakan 6 dan 7 orang. 😔

Dan hal ini sangat terasa ketika saya mendukung Yoo Hoeseung di tim Be Mine 1 yang kalah pada grup battle. Hoeseung yang menampilkan nyanyian memukau + high note hanya mendapatkan 37suara. Cuman mau gimana lagi? Tim Be Mine 2 punya anggota lebih banyak dan banyak pula yang lebih populer. Belum lagi harus saya akui bahwa Hoesung gak bisa dance. Gerakannya kaku dan awkward banget 😂. 

Sedikit kecewa sih dengan hasilnya, tapi dari sini saya juga makin menyukai Hoeseung setelah saya tau betapa dia punya personality yang baik dan selalu positive thinking. Mungkin dia satu-satunya trainee yang tidak bisa di kasih 'drama' sama Mnet haha, soalnya Hoeseung tidak pernah kelihatan mengeluh ini-itu.  Mau nanti hasilnya bagaimana, pokoknya kasih usaha maksimal saja dulu. 


But, karena di grup battle tim Hoeseung kalah, lalu vote dia semakin turun padahal minggu depan ada eliminasi pertama, saya jadi stress ngebayangin nasib dia. Bisa tidak yah dia masuk 60 besar?? Untungnya sih bisa. Hoeseung berhasil lolos dan ada di urutan 56. Cukup mengagetkan tapi bikin seneng juga, mengingat ranking dia minggu lalu cukup menghawatirkan. Dan saya perhatikan dari gerak-geriknya, dia pun terlihat kaget saat diumumin lolos, seperti tak menyangka gitu (eh...atau dia kaget karena rankinnya terlalu rendah? Entahlah). Soalnya tujuan dia ikut PD101 pun sebenarnya buat cari pengalaman, mengingat dia baru jadi trainee 4 bulan ketika bergabung di PD101, so...emang anaknya sendiri tidak terlalu ambisius..


Sayangnya, biarpun dia lolos 60 besar, dapat ranking ke-56 ternyata jadi petaka juga untuk eval selanjutnya, dimana mereka harus perform berdasarkan posisi (dance. rap, vocal) yang mereka dapat. Disaat saya dan yang lainnya ingin sekali melihat Yoo Hoeseung menyanyi lagi,  dia malah dapat posisi dance yang notabene adalah kelemahannya. Dan cukup bikin sedih ketika tau bahwa dia terpaksa ambil posisi dance karena ranking dia yang rendah tidak memungkinkan untuknya buat ambil posisi vokal yang saat itu udah full terisi oleh trainee lain yang dapat ranking lebih tinggi darinya. Duh...rasaanya jadi hopeless deh. Apa iya Hoeseung bisa lolos dari eliminasi berikutnya? Screentime dia di tiap episode saja sudah dikit banget, ini lagi dia malah disuruh dance....

Eh tapi...apa yang kita khawatirkan ternyata tidak terjadi. Hoeseung yang harus dance Right Round-Flo Rida berhasil membawakannya dengan baik. Memang sih video yang mereka perform bareng, Hoeseung-nya muncul sekelabat doang, tidak kelihatan gimana penampilannya. Namun kalau sudah liat video focus-nya Hoeseung, percaya deh pasti bikin syok. Guys...Hoeseung bisa dance loh!  Dia improved baget disini 😭.


Sayang...Hoeseung lagi-lagi dinistakan sama Mnet dalah urusan screentime. Disaat kita penasaran dengan backstory tim Right Round latihan (sampai bisa bikin choreography keren) dan gimana skill dance Hoesung jadi improved, Mnet malah nampilin drama berkepanjangan yang permasalahannya cuman karena pemilihan center. Like...why Mnet? Padahal nampilin mereka yang lagi latihan tanpa embel-embel drama bisa bikin image para trainee lebih positif dan bisa menghindari kesalahpahaman berujung fanwar.

Saya pun jadi makin tidak yakin Hoeseung bisa selamat dari eliminasi berikutnya, Biarpun ranking dia tiba-tiba melejit dari rank 56 jadi 36. *sigh*


Maka...ketika akhirnya jumat kembali dateng, saya pun bela-belain straming PD101 episode 8 untuk lihat siapa trainee yang tereliminasi. Di episode itu, 60 trainee masih ikut kebagian latihan concept song sebelum dieliminasi. Disatu sisi saya seneng bisa lihat mereka latihan sebentar, tapi disisi lain saya ngerasa Mnet itu kejam banget, khususnya sama trainee yang udah latihan dan dapat feedback bagus dari para trainer, tapi ternyata mereka malah keeliminasi. Dan ini kejadian sama Hoeseung yang kedapatan lagu showtime dan sayangnya juga keeliminasi. *cry*

Hoeseng yang sempat dipuji oleh trainer karena punya suara stabil, ternyata tidak bisa lepas dari bahaya eliminasi. Kalau ingat itu rasanya jadi baper sendiri sih. Sampai sekarang pun kalau lagi dengerin lagu Showtime, suara Hoeseung masih suka terbayang-bayang oleh saya. Rasanya jadi kurang afdol kayaknya kalau tidak ada suara Hoeseung di tim Showtime. *mian*

Dan disaat akhirnya Hoeseung banyak dapet screentime yang layak di episode 8, dan saya merasa bahwa itu tanda bahwa hoeseung akan lolos, ternyata itu justru cuman 'hadiah' dari Mnet karena dia salah satu trainee yang keeliminasi. Sedih banget sih. Disaat akhirnya orang-orang mulai mengenali dia, mulai 'ngeh' bagusnya suara dia, lucunya dia, serta positif nya dia, ternyata dia malah keeliminasi. Iyaaa...dia ini emang lucu dan positif banget orangnya. Saat pengumuman eliminasi kemarin itu saja dia  masih bisa ngelucu mencairkan suasana dengan gerak geriknya serta gesturnya , padahal trainee lain pada pasang muka serius-tegang semua.

Itulah kenapa saya jadi sulit menerima kenyataan ketika hoesung tereliminasi. Saya sudah terlalu suka dengan trainee ini. Tapi dari awal saya juga sadar sih, bahwa masuk top 11 itu cukup sulit untuk Hoeseung.


Lalu begitulah....semenjak dia keeliminasi, maka selesai sudah saya mengikuti PD101. Hoeseung sudah keluar, apa lagi yang mau saya lihat? Yang ada malah bikin baper sakit hati karena dia udah keeliminasi. Masih suka sebel soalnya kalau inget-inget tentang dia dan masalah screentime....

Yah mau gimana? Kalau sudah ngomongin screentime + editing memang sudah problem banget sih dari Mnet-nya sendiri. Awalnya saya memang belum aware sih. Baru di episode 3-4 keatas lah saya mulai sadar Mnet tidak adil dalam hal pembagian screentime buat para trainee disini. Ada yang kebagian banyak, ada pula yang sedikit. Kalo diperhatikan, rasanya Mnet seperti menampilkan trainee yang itu-itu saja. Screentime buat hoeseung yang sering saya komentarin kedikitan saja sebenernya belum ada apa-apanya kalo dibandingin trainee lain yang mungkin lebih sedikit lagi screentimenya. Jadinya, Trainee-trainee yang belum punya fansbase besar pasti sulit terdeteksi oleh national producer dan jadi tidak diketahaui seberapa talented nya mereka. Sayang banget kan...



Tapi...dengan segala kontroversi dan kehebohannya, secara general Produce 101 sebenernya acara reality show yang seru banget sih. Khususnya karena di season 2 banyak banget cogan, berasa cuci mata hehe. Selain itu, kita pun jadi tau bahwa diluar sana banyak banget loh trainee-trainee bertalenta.

Yah biarpun saya sudah tidak ngikutin PD101 lagi, siapapun trainee yang nanti terpilih, semoga saja mereka memang orang-orang terbaik yang mampu memberikan penampilan terbaik untuk national producer dan kita (International fans). Dan trainee-trainee lain yang sudah tereliminasi bisa segera debut dan meraih kesuksesan juga...

Sekian...

credit picture: (1)(2)(3)(4)(5)(6)

No comments:

Post a Comment