Thursday 19 April 2018

A Poem A Day: Ye Jae Wook atau Shin Min Ho? [IMM]

Halo...
Apakah ada yang lagi ngikutin A Poem A Day? Dan merasakan kegalauan yang sama seperti judul diatas? ⬆️⬆️

Bagi yang belum tau, A Poem A Day adalah drama tvn yang mengisi slot hari senin-selasa. Singkatnya, drama ini bercerita tentang kehidupan para fisioterapis dan radiologis yang merupakan profesi yang kayaknya masih jarang diperhatikan orang. Meski bukan dokter, pekerjaan mereka pun juga sama-sama berhubungan dengan pasien loh. Dan di dunia per-kdrama-an sepertinya jarang ada medical drama yang nyertain mereka. Kayaknya baru A Poem A Day aja sih yang khusus ngebahas profesi ini *cmiiw*. Yang penasaran sama sinopsis lengkapnya silakan cek disini aja yah.
Jadi... mengenai kegalauan saya ini.... 
Setelah nonton episode 1-8 saya ngerasa A Poem A Day sangat mengingatkan saya pada Reply 1988 (dan Reply Series lainnya), dimana kita nggak tau siapa first male lead-nya. Di A Poem A Day kita belum tau siapa yang kira-kira akan menjadi pasangan Woo Bo Young nanti. 

Karena dari sepengetahuan saya, Lee Yoo Bi, Lee Joon Hyuk dan Jang Dong Yoon pun dari awal berita casting-nya keluar sama-sama disebut akan jadi pemeran utama di A Poem A Day. Dan yang kaya gini (pemeran utama lebih dari dua orang) bukan hal yang aneh dan mesti dimasalahin sebenarnya. Ada kok drama yang emang pemeran utamanya ada banyak dan nggak berpusat di dua orang aja (1 female lead dan 1 male lead), contohnya kaya drama Romantic Doctor Teacher Kim. Reply 1988 juga sepertinya masuk ke dalam kelompok ini.
Terus kenapa jadi galau dan dipermasalahkan? 
Karena di A Poem A Day ada bumbu-bumbu cinta segitiga diantara ketiga pemeran utamanya. Padahal kalo misal nggak ada love triangle, mungkin saya bakalan fine-fine aja sih.

Hm...gimana yah? Drama ada love triangle-nya aja udah bikin frustasi, eh ini kita masih juga dibingunging sama siapa first lead-nya. JADI DOUBLE FRUSTASI! Kalau misal kita udah tau siapa first lead, siapa second lead, setidaknya kita yang ada di tim second lead udah nyiapin mental dari awal kalau si second lead kemungkinan besar nggak akan dapet ending bahagia. Pokoknya udah tau resikonya ngedukung second lead.

Nah kalo ini?? Karena kita nggak tau siapa first lead-nya, bawaannya jadi negative thinking sendiri tiap nonton. "Duh ini bener nggak sih dia yang bakalan sama Woo Bo Young?"

Ketika kita yakin first lead adalah si A, bayang-bayang dia bisa jadi second lead pasti masih ada. Dan pikiran kaya gini nggak akan hilang sebelum ada kejelasan dari dramanya, atau parahnya mesti nunggu sampai dramanya tamat. Dan ketidakjelasan ini sih yang bikin sebel. Saya nggak mau 'drama' di Reply 1988 keulang lagi di A Poem A Day. 😭

Sekarang aja penonton A Poem A Day sepertinya udah terbagi jadi dua kubu, #TeamJaeWook (atau sebutan kerennya #YeLine) dan #TeamMinHo. Dan disini, sebenarnya saya kurang nyaman sama kubu-kubuan gini karena rawan fanwar. Semoga tidak yah... Sejauh ini sih masih aman terkendali...

Terus...karena terlalu invest juga sama permainan tebak-tebakan ini, kita pun malah lebih fokus kesana ketimbang memahami makna dan pesan yang mau disampaikan si drama tersebut. Saya ngerasa seperti ini sih selama nonton A Poem A Day, walaupun tetep merhatiin alur ceritanya, prioritas saya tetep ke arah 'sana'😅. Kan jadi gimana gitu....
Btw....yang penasaran saya ada di kubu apa, saya memutuskan untuk berada di #TeamMinHo dan ngeshipin Bo Young sama Min Ho sampai akhir. Apakah ada yang sama kaya saya? Saya butuh teman....

Pertama, bukan tanpa alasan akhirnya memutuskan untuk mendukung Min Ho. Awalnya pun saya berusaha jadi tim netral kok, karena saya sama-sama suka Jang Dong Yoon dan Lee Joon Hyuk. Tapi yah emang pada dasarnya lebih punya soft-spot ke Jang Dong Yoon (saya nggak pernah bisa move on sama akting dia di Solomon's Perjury) akhirnya jadi lebih condong di team Min Ho sih. Dan ini pun dibarengi dengan beberapa faktor lain.

Entah karena ini saya terlalu suka Min Ho atau gimana (terus jadi nggak merhatiin hal lainnya), saya ngerasa screen time dia lebih banyak aja ketimbang Ye Jae Wook sonsaengnim. Terus kita pun lebih sering dikasih pov-nya Min Ho. Mereka pun suka ngasih adegan flashback antara dia dan Bo Young. Sampai Ep 8 pun sepertinya kita lebih tau lika-liku hidupnya Min Ho ketimbang Jae Wook, yang terbilang masih misterus banget. Rasanya kita belum banyak tau apa-apa tentang Jae Wook. 

Selain itu, saya juga lebih sering liat interaksi antara Min Ho-Bo Young. Meski saya akui Min Ho ini suka kelewatan ke Bo Young, dia masih punya sisi baik sih, kaya pas dia ngasih jaketnya ke Bo Young. Terus cukup perhatian juga ke Bo Young (walau suka disangkal habis-habisan). Dan saya pun suka Bo Young lebih tampil apa adanya didepan dia ketimbang Jae Wook.

Tapi itu tadi...belum bisa yakin banget karena segala kemungkinan masih bisa terjadi. Siapa tau minggu depan kita dikasih liat part-nya Jae Wook. Lagian masih ada sisa 8 Ep. Terus dari segi chemistry, Lee Yoo Bi sama Jang Dong Yoon dan Lee Joon Hyuk pun sama-sama cocok.
Memang sih disini Min Ho keliatan childish, dan banyak nyebelinnya. Poin minus banget pokoknya kalau mesti dipasangin sama Bo Young yang baik hati. Saya pun paham kenapa banyak yang lebih ngeshipin Bo Young sama Jae Wook. Tapi... saya juga punya keyakinan kedepannya Min Ho bakalan berubah lebih baik. Menurut saya pelan-pelan mulai keliatan kok perubahannya. Sekarang si Min Ho udah jarang dan hampir gak pernah lagi nambahin embel-embel "I'm Kidding" disetiap percakapan dia sama orang lain. Dan dari sini saya berharap semoga SW-nim beneran konsisten bikin Min Ho berubah dan nggak ngelakuin aksi yang nyebelin lagi. Jangan terlalu lama bikin Min Ho jadi karakter yang annoying karena saya khawatir orang-orang malah keburu benci dan nggak suka lagi sama dia.

Dan karena itu pula, biarpun saya yakin Min Ho punya kemungkinan lebih besar bakalan berakhir sama Bo Young, kemungkinan dia jadi second lead juga masih besar. Karena memang disini Min Ho bukan karakter yang disukai banyak orang. Kalau kamu iseng ngecek hashtag #APoemADay di twitter atau mampir di forum soompi, keliatan banget banyak yang gak suka sama dia. Dan saya pun jadi ngerasa ada di tim minoritas 🙁. Terus...kalo misal kita bandingin sikap Min Ho dan Jae Wook ke Bo Young, Min Ho masih belum bisa nandingin sih. Biarpun Jae Wook karakternya masih abu-abu dan susah kebaca jalan pikirannya (beda sama Min Ho yang jelas-jelas keliatan tertarik sama Bo Young meski anaknya sok denial). Sikap Jae Wook ke Bo Young ini terbilang baik dan ramah banget. Biarpun keliatan kaku, kalo lagi senyum pun sebenernya bikin adem.
Yah sepertinya gitu aja sih... Karena masih nggak jelas yang mana otp-nya, palingan mesti wanti-wanti diri sendiri aja sih. Jangan terlalu diseriusin main kubu-kubuannya. Jangan juga entar marah-marah kalau misal dia ternyata cuman second lead. Berdoa aja semoga mereka semua dikasih ending yang terbaik karena ini yang paling penting sih. Dan kalau ada yang patah hati, setidaknya SW-nim mau berbaik hati ngasih dia pasangan biar nggak sendirian. Jangan seperti Kim Jung Hwan yang ngenes....*eh*

-Sekian-

[Update]

Beberapa hari yang lalu saya nemu sebuah blog dan isi blognya banyak ngebahas A Poem A Day. Menurut saya bahasan yang disampaikan si penulis ini menarik banget dan detail! Hampir semua analisa dan teori yang dia bikin entah kenapa terlihat masuk akal dan tidak mengada-ada. Selain itu dia juga ngebahas makna dari semua puisi yang muncul di A Poem A Day.

Kabar baiknya lagi, dia ternyata bagian dari #TeamMinho *yeay* setelah tadinya netral di awal. Kalian bisa coba cek blognya: disini atau minimal cek salah satu postingannya yang ngebahas tentang makna 'You Who Forgot Poetry' yang merupakan judul alternatif dari drama ini disini

Buat saya pribadi, yang ngerasa ada di tim minoritas dan sempat agak down setelah nonton ep 10, keberadaan blog dia sangat membantu saya tetep semangat dan optimis 😀
*Team Minho until the end*

credit picture: (1)(2)(3)(4)(5)

8 comments:

  1. Halo. Saya #YeLine ✋✋✋✋✋
    Dari awal pun nonton drama ini karena ada Om ganteng Lee Joon hyuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Yup Lee Joon Hyuk emang ganteng banget, saya nontn drama ini juga salah satunya karena ada dia :)

      Delete
  2. Duuh sependapat bangen Chingu, aku juga dulu #teamjunghwan dan sekarang #teamminho karna bener di depan Min Ho, Woo Bo Young kelihatan lebih apa adanya dan cerita WBY dan SMH lebih menarik juga gak ngebosenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay ada temennya :)
      Semoga tragedi Junghwan nggak terulang lagi disini

      Delete
  3. Aku #TeamMinHo, dari awal ngeliat dia sama bo young kayak lebih cocok gitu

    ReplyDelete
  4. Halooo kalo aku TimYe 🙋
    Dari awal malah aku kira Minho yg jadi Lead Male, soalnya yg muncul diepisode 1 dia dan banyak interaksi diawal sama Bo Young.. Pas di ep8 masih galau dan ternyataaaa hehe seneng banget akhirnya Ye Jae Wook yg Lead Male hehe, tapi mau siapapun Lead Malenya, pesan yg terkandung di drama bagus bangeet, apalagi alur ceritanya yg fresh, gak membosankan dan sulit ditebak

    ReplyDelete
  5. Sempet galau dan ga lanjut nonton gegara takut patah hati kalau2 Ye saem jadi 2nd Lead Male, saya udah terlalu sering kena syndrome second lead soalnya :D

    Tapi di ep 14 ada spoiler dari temen, Ye Saem First leadnya
    Uhuy
    #YeLine

    Tapi ko ya baper liat perkembangan Minho jadi anak baik

    Huhuhu

    Saya suka cerita, puisi, dan plotnya.
    Paling favorit waktu ep 6 tema Family

    Semua dapat kisah

    Oh iya saya tertarik nonton karena tema medical, tapi bukan dokter. Tapi terapist~
    Yeeeee sampai ku rekomendasi kan ke temen terapis yg ga suka dramkor :D

    ReplyDelete