Saturday 20 December 2014

Anime: Psycho-Pass [Review]

Psycho-Pass
22 episode
12 Oktober 2012 - 22 Maret 2013
Action, Police, Psychological, Sci-Fi, Thriller

Sinopsis Singkat:
Cerita ini terjadi pada tahun 2113.

Pada saat itu, kondisi mental, kepribadian dan kemungkinan suatu individu untuk berbuat  kejahatan diukur menggunakan sebuah sistem bernama Sibyl System. Hasil pengukuran ini disebut sebagai Psycho Pass.

Selain itu, Sibyl System juga mampu mengukur Crime Coefficient, yang merupakan indeks dimana seseorang memiliki kecenderungan atau kemungkinan untuk melakukan tindak kejahatan. Apabila indeks Crime Coefficient seseorang sudah melewati batas, maka orang tersebut dianggap sebagai Kriminal Laten yang harus ditangkap, diamankan ataupun dibunuh.

Tapi, dari ketiga pilihan tersebut seorang kriminal laten juga bisa di rekrut menjadi seorang Enforcer yang bekerja dibawah Public Safety Bureau's Criminal Investigation Division untuk menangkap kriminal laten lainnya. Enfouncer yang didampingi oleh seorang Inspector nantinya akan menggunakan Dominator, yaitu alat pengukur Crime Coefficient sekaligus juga sebagai senjata yang dapat menembak dan membunuh di saat itu juga.

Anime ini bercerita mengenai Akane Tsunemori, seorang Inspector baru di Unit Satu Public Safety Bureau's Criminal Investigation Division. Disana Akane bertemu dengan Inspektur lain bernama Nobuchika Ginoza dan juga empat orang Enforcer yaitu, Shinya Kougami, mantan inspektur yang menjadi kriminal laten setelah rekannya dibunuh, Tomomi Masaoka, seorang pria setengah baya yang dulunya seorang detektif, Shusei Kagari, pemuda riang yang menjadi kriminal laten sejak dia kecil, dan Yayoi Kunizuka, mantan musisi yang berubah menjadi kriminal laten setelah berinteraksi dengan teroris.

Kesemuanya bersama-sama mengejar Shogo Makishima, orang yang berusaha menghancurkan Sibyl System

Komentar:
Oke...Akhirnya.... bisa juga menyelesaikan anime ini...

Yap, ketika menonton anime ini, saya sempat stuck di episode 6 karena merasa semakin kesini cerita di anime ini semakin sadis. Tapi karena cukup membuat penasaran, apalagi ada season 2 nya, pada akhirnya saya lanjutkan juga sih. Dan ternyata pengorbanan saya tidak sia-sia, karena justru di episode-episode selanjutnya cerita semakin seru, biarpun saya akui ceritanya pun semakin sadis juga -__-

Yah mau bagaimana lagi... orang pengecut macam saya yang takut dengan adegan sadis, disuguhi anime ini sudah pasti akan teriak-teriak selama monentonnya. Soalnya cerita di anime ini benar-benar bikin WOW, membuat saya penasaran tapi disatu sisi juga saya tidak sanggup untuk melihatnya. Alhasil jalan tengahnya adalah dengan menutupi layar laptop hahaha.

Setelah menonton Season 1, sejujurnya saya tidak bisa move on dengan anime ini, apalagi ceritanya bagus bukan mainnya. Ditambah dengan karakter Shinya Kougami yang benar-benar memikat saya. Sayangnya, di Season 2, Kougami justru dihilangkan. Kesal sekali pas saya tahu kabar itu. Bukankah Kougami adalah main characternya? Kenapa bisa dihilangkan? Ah entahlah....

Walaupun, cukup kecewa karena tidak ada Kougami, saya tetap mencoba menonton Season 2, dengan harapan perasaan kecewa saya dapat hilang. Tetapi sayang, sosok Inspektur baru yang menjadi rekan Akanen membuat saya tidak sanggup untuk melanjutkan Season 2 anime ini. Dia terlalu menyebalkan! Membuat saya benar-benar berhenti untuk menonton Season 2 nya dan lebih memilih untuk menunggu movie nya yang akan rilis pada  Januari 2015.

Secara keseluruhan, saya suka sekali dengan ceritanya, (khusus Season 1 saja loh yah) biarpun pas episode awal, memang sedikit membosankan karena ceritanya lebih banyak ke pengenalan karakter, ditambah lagi dengan beberapa istilah rumit yang membutuhkan waktu untuk dipahami. Anime ini merupakan anime yang keren bagi saya.

Intinya saya tetep merekomendasikan anime ini untuk para penonton yang menyukai genre action, thriller dan sci-fi, karna memang anime ini baguss sekali...

Oke.... sekian dulu, semoga kalian menikmatinya...

Selamat menonton :3




credit picture: (1)(2)

2 comments:

  1. belom pernah nonton corpse party ya? psycho pass mah belom ada apa-apanya, seruan corpse party, nonton deh hehe.
    kenapa gak nonton yang S2? seru loh, ada Kougami kok, tp cuma dikit dan itu juga cuma dlm fikiran Tsunemori aja, dan di S2 banyak tokoh baru yang menarik loh.
    coba deh tonton, cuma yang di sayangkan Kagari udah tewas, sebenernya masih pengen sih Kagari idup. :D

    ReplyDelete
  2. corpse party belum pernah nonton. Soalnya emang ga update sama anime, baru suka anime sekarang-sekarang ini sih hhe.
    Iya soalnya di S2 Kougaminya dikit banget muncul, jadi kurang termotivasi. Kalau ada waktu nanti dicoba deh nonton S2 nya :)

    ReplyDelete