Friday 16 September 2016

K-Drama: Love in The Moonlight & Moon Lovers [First Impression]


Ada yang lagi ngikutin Moonlight Drawn by Clouds dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo lalu jadi terpikat banget dengan 2 drama ini, sama seperti saya? 

Yap... drama ini sukses membuat minggu-minggu saya menjadi tidak membosankan. Sangat tidak terduga karena sebenarnya saya orang yang cukup anti dengan drama-drama Saeguk,

Satu-satunya drama yang pernah dan 'bisa' ditonton sampai tamat adalah The Moon That Embraces The Sun, drama lama tahun 2012 yang sangat terkenal. Selain itu tidak ada, karena setiap ditonton selalu berhenti di tengah jalan. Akhirnya, jadi tidak mau coba-coba nonton drama saeguk lagi.

Kenapa kok anti drama saeguk?
Menurut saya, drama saeguk itu biasanya ada 20an lebih episode, jalan ceritanya rumit dan berat, karakternya banyak dan sulit dihafal, selain itu penuh scene-scene pertumpahan darah. Dan alasan terakhir adalah yang paling susah ditangani...

***

Oke... back to the our main topic...

Tapi tahun ini beda...
Awalnya memang tidak kepikiran sama sekali untuk ngikutin 2 drama ini, tapi akhirnya ikut penasaran juga setelah lihat teaser dan official posternya. Dan terbukti, setelah nonton 1-2 episode, saya malah jadi suka...


Drama Moonlight Drawn by Clouds sampai saat ini jadi yang saya unggulkan. Ceritanya yang lebih ringan, lebih banyak selipan komedi didalamnya memang lebih mudah dipahami dan dimengerti, sehingga asik untuk ditonton. Salah satu hal yang saya suka dari drama ini adalah adanya beberapa scene yang dikemas sangat indah, memanjakan mata penonton. Lihat saja scene ketika Hong Ra On menari, scene saat mereka berada di festival lampion, dan lain-lainnya. Pokoknya, eksekusi drama ini cukup enak dipandang! Selain itu, ada pula ost dan musik pengiring yang sangat pas mengiringi tiap scene nya, semuanya sangat enak.

Saya pun suka dengan 5 cast utama, Kim Yoo Jung, Park Bo Gum, Jin Young (semenjak Persevere, Goo Hae Ra), Kwak Dong Yeon (semenjak Inspiring Generation), dan Chae Soo Bin.

Kim Yoo Jung semakin cantik disini! Chemistry dia dengan pemain lainnya sangat bagus walau  dia memiliki perbedaan umur yang lumayan jauh dengan yang lainnya. And... thanks for this drama (ditambah pernah jadi bintang tamu di 1N2D), akhirnya bisa juga suka sama Park Bo Gum *korban reply1988*.  Saya sendiri sampai dibuat naksir sama pangeran yang satu ini. Dan juga naksir dengan Kim Yoon Sung (Jin Young) si second male lead tentunya. Selain itu tak lupa dengan Kim 'Hyung' (Kwak Dong Yeon) kesayangaan si dedek rasa oppa yang jadi pengawal cool dan memikat. Biarpun lebih banyak diamnya, karakter dia ini justru lebih minta disayang.


Sedangkan untuk Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, walau awalnya serdikit saya ragukan, nyatanya setelah menonton sampai 5 episode, saya sangat menikmati drama ini. Bagi saya sendiri ini suatu kemajuan, mengingat sebelumnya tidak pernah mengikuti drama dengan latar dinasti Goryeo. Karena kalau disuruh memilih antara dinasti Joeson atau Goryeo tentu jawabannya adalah dinasti Joeson, soalnya dilihat dari model-model pakaian yang mereka kenakan, mereka ini lebih enak dilihat.

Menurut saya, alur cerita Moon Lovers memang sedikit lebih berat dan rumit, tapi drama ini tetap menarik, dan saya selalu dibuat penasaran tiap episodenya. Karakter Wang So (Lee Jun Ki) adalah yang paling menjadi daya tarik, dan menjadi magnet paling kuat kenapa saya masih bisa menonton drama ini. Sifatnya yang terlihat keras, kuat dan kejam diluar nyatanya masih memiliki hati yang rapuh. Dan boleh kah saya bilang bahwa di drama ini Lee Jun Ki sangat mempesona?
Lalu ada pula kehadiran Wang Wook (Kang Ha Neul) yang membuat hati nyaman ketika melihatnya. Pembawaannya yang terlihat paling dewasa dan tenang dari pangeran lainnya justru menjadi kesukaan saya disini.

Secara keseluruhan, drama ini cukup bagus dari segi cerita ditambah dengan bumbu-bumbu konflik yang seru. Eksekusi drama ini pun lumayan oke. Karena drama ini, saya jadi sadar bahwa hanbok-hanbok jaman dinasti Goryeo sama bagus dan cantiknya seperti dinasti Jeoson. Yang paling mengganjal dari drama ini mungkin kehadiran ost-ost yang 'sedikit' terlalu modern untuk ukuran drama saeguk, sehingga terasa kurang cocok. Bukannya tidak enak didengar, hanya saja sedikit kurang pas diletakkan menjadi background drama seperti ini.

***
Oke sepertinya segitu saja bahasan mengenai kedua drama yang sedang tayang ini...
Walaupun dua drama ini sangat berbeda, tapi keduanya sama-sama memikat dengan cara nya masing-masing. 


Happy watching...



credit picture: (1)(2)(3)

3 comments:

  1. Kak, maaf mau koreksi. Setau saya saeguk itu drama korea yg berlatar belakang sejarah. Bukan nama zaman kerajaan. Mgkin maksud kaka jeoson sama georyo kak. Hehe. Klo love in the moonlight berlatar zaman kerajaan jeoson sdngkan scarlet heart zaman kerajaan georyo. Sy juga ngikutin dua2nya. Tp mnurut saya, semakin ksni, alur cerita moonlight agak ngebosenin. Mngkin krn sy sndiri suka alur yg rumit. Dan juga dua karakter utamanya yaitu lee young dan ra on terlalu sering bertemu. Jdi ceritanya agak monoton.Tp krn sy ngefans bangettt ngettt ngettt sama dedek kim yoo jung jadi moonlight tetap di hati. Sdgkan utk scarlet heart alur ceritanya semakin seruu. Padahal sy kurang suka IU. Sempat kecewa pemeran utamanya IU krn sy suka sama Lee Jun Ki. Tp hrus diakui akting IU bagus terlepas dr komen negatif kornet sana. Oh ya kak, nnti bukan desember ada drama saeguk jdulnya hwarang. Nah itu beda lagi jamannya. Jauuuuhh sebelum georyo dan jeoson. Jaman kerajaan silla. Bnyak cogan2 juga. Jadi mngkin dgn gebrakan baru drama saeguk yg berisi banyal cogan, kaka lebih suka lagi sama drama bertema saeguk. Aduh maaf kak jadi kebanyakan ngetiknya. Btw, salam kenal yah kak. 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah sudah di koreksi, nanti saya benerin postingannya. Maklum, masih kurang pengalaman nonton drama saeguk hehe.

      Iya ada Hwarang juga nanti, tapi blm tau nih mau ditonton/engga *engga bakat nonton saeguk*. Ini aja udah ketinggalan banyak episode love in the moonlight sama scarlet heart. padahal penasaran juga haha, gara2 kebanyakan ngikutin drama lain. Hm... saya sih aslinya biasa aja sama cogan2 yg ada di hwarang. Soalnya lebih suka sama artis yang udah agak tua macam ahjussi2 gitu haha. Tapi makasih sudah dikasih tau... kalau seru mungkin ditonton.

      Salam kenal juga yah :)

      Delete
  2. Maaf salah tulis kak. Mksud sya jaman Dinasti Goryeo sama dinasti Joseon. Di atas ketikannya salah. Hehehe.

    ReplyDelete