Wednesday 18 January 2017

Curhat: Solomon's Perjury dan Misterinya

Hai...Siapa disini yang ngikutin Solomon's Perjury dan setiap minggunya selalu frustasi sama kelanjutannya? *angkat tangan sendiri✋*

Yap, Solomon's Perjury memang drama yang selalu membuat penasaran penontonnya, karena misteri yang tiada habisnya. Setiap misalnya ada misteri yang terjawab, kita akan disuguhkan misteri lain yang tidak kalah bikin penasaran dan frustasinya lagi. Seperti yang saya rasakan sekarang ini. Sehabis menonton ending episode 8, justru (lagi-lagi) dibikin stress dan gregetan, bukannya dapat pencerahan, malah dibuat tambah pusing dengan kelanjutan ceritanya.


Makannya...dari pada dipendam sendiri, dan bawaanya jadi kepikiran terus, mengingat harus menunggu sampai jumat besok episode terbarunya (itupun juga masih versi raw-nya), saya pingin share nih beberapa pertanyaan, temuan, serta kemungkinan-kemungkinan terkait drama ini, dari hasil mantengin langsung dramanya dan stalking-stalking di forum soompi-nya Solomon's Perjury. Siapa tau ada teman sepenanggungan juga yang sedang merasakan apa yang sedang saya rasakan sekarang ini hehe. Langsung saja yah:

1. Misteri kematian Lee So Woo
Sebenarnya ini jadi misteri terbesar yang belum terjawab sampai sekarang kenapa Lee So Woo bisa meninggal di malam natal. Sayangnya sampai episode 8 pun, beberapa potongan petunjuk nampaknya belum bisa memberikan pencerahan sama sekali. Yang ada justru malah tambah pusing karena muncul dugaan-dugaan lain. Tebakan saya mengenai kematian Lee So Woo saja berubah terus seiring episode baru tayang tiap minggunya. Dari mulai mengira dia bunuh diri →dibunuh Choi Woo Hyuk→dibunuh Han Kyung Moon (ayahnya Han Ji Hoon)→ balik lagi ke dugaan Lee So Woo yang bunuh diri→sampai yang terbaru mengarah ke dugaan ia dibunuh oleh Han Kyung Moon.
Kalau menurut kalian bagaimana?

2. Alasan mengadakan pengadilan (trial)
Tentunya trial diadakan karena mereka ingin mengungkap alasan Lee So Woo meninggal. Tapi saya sempat bingung, kenapa sih mereka dibagi jadi kelompok jaksa dan pembela? Soalnya dari sisi Go Seo Yeon sebagai jaksa, dakwaan yang dibuat Lee Joo Ri, bahwa 'Choi Woo Hyuk adalah orang yang mendorong Lee So Woo dari atap gedung', belum bisa dipastikan kebenarannya. Apalagi pada trial pertama, Go Seo Yeon sudah kalah telak dari Han Ji Hoon. Yang akhirnya membuat saya bertanya-tanya kembali alasan dia tetep kekeh melakukan trial ini.

Untung saja hal ini segera terjawab di episode 6 sih. Bahwa Go Seo Yeon pun sebenarnya sama seperti kita yang dari awal tidak percaya dengan dakwaan Lee Joo Ri. Dia pun dengan sadar tau, bahwa posisi dia sebagai pengacara sangat lemah dan sangat berpotensi kalah dari pembela. Tapi dia tetap melanjutkan trial ini, karena tujuan dia adalah memang ingin mencari tau kebenaran dibalik kematian Lee So Woo.

Sedangkan dari sisi Han Ji Hoon sebagai pembela, saya rasa dia punya tujuan lain (selain tujuan utama). Apalagi dia berbohong tidak mengenal Lee So Woo kepada teman klub trial-nya. Kenapa mesti dirahasiakan kalau dia berteman dengan Lee So Woo coba? Entahlah...

3. Han Ji Hoon mengetahui sesuatu?
Saya yakin Han Ji Hoon mengetahui sebuah kebenaran yang tidak diketahui orang lain, mengingat dia adalah teman terdekatnya Lee So Woo. Dan kalau kembali ke episode 1, ada scene ketika ia menangisi kematian Lee So Woo dari kejauhan bukan? Kenapa dia menagis dari kejauhan? Dan kenapa dia tidak segera melaporkan temuannya itu, tapi justru malah pergi dari sana? Kenapa?Hmm..lagi-lagi kita hanya bisa menggelengkan kepala tidak tau.


Sangat misterius bukan Han Ji Hoon ini? Seperti halnya ketika dia sangat yakin kalau Choi Woo Hyuk tidak bersalah, padahal siswa-siswa lain saja menuduhnya. Jadi membuktikan kalau memang Han Ji Hoon mengetahui sesuatu bukan? Apalagi dengan pernyataan Han Ji Hoon di episode 8 bahwa dia bertanggung jawab atas kematian Lee So Woo. Nahloh... Bertanggung jawab bagaimana?

Yaampun...bikin stress yah memang memahami jalan pikirannya Han Ji Hoon yang kelewat pinter tapi juga penuh misteri begini 😭

4. Dakwaan Lee Joo Ri



Dari surat dakwaan inilah, trial di Jongguk High School bermula.
Sayangnya semakin kesini, dakwaan yang ada semakin tidak bisa kita percaya. Dakwaan yang Lee Joo Ri buat pertama kali saja langsung dipatahkkan kebenarannya karena Kim Dong Hyun terbukti tidak bersama Choi Woo Hyuk pada malam itu.

Sedangkan dakwaan (revisi) yang dibuat lebih mendetail pun sama saja. Pernyataan mengenai suara decitan(?) yang muncul saat "Lee So Woo berdiri di atap" yang meski sudah dibuktikan benar oleh Go Seo Yeon pun juga tidak bisa sepenuhnya dipercaya. Bisa saja Lee Joo Ri sendiri yang pernah mendengar suara itu bukan?

Lagi pula kalau diperhatikan, disini Lee Joo Ri seperti punya motif pribadi ketika menuduh Choi Woo Hyuk. Lihat saja ekspresi senang dia ketika Choi Woo Hyuk disalahkan atas perbuatannya itu. Dan di episode 8 ketika Lee Joo Ri melihat berulang-ulang video Choi Woo Hyuk yang disiram dengan susu pun memperjelas itu semua.

5. Choi Woo Hyuk tidak bersalah



Kesimpulan ini saya ambil setelah melihat episode 6. Dan semakin diperjelas di episode 7 dan 8 bahwa dia betul-betul tidak bersalah, karena adanya pengakuan dari Lee Sung Min teman terdekatnya, serta pengakuan ibunya tentang alibi Choi Woo Hyuk yang selalu ia tutup-tutupi.

Dan bercerita mengenai Choi Woo Hyuk, di dua episode terbaru ini banyak sekali kebenaran yang kita dapat terkait dirinya. Saya sendiri jadi sedikit merasa kasihan ketika tau dia dan ibunya menjadi korban KDRT gara-gara ayahnya😟. Sampai rasanya wajar saja kalau kelakuan dia di sekolah seperti itu. Yah...biarpun memang salah banget melampiaskan itu semua dengan nge-bullying teman-temannya.

Tapi dibalik sikap kasarnya, saya pun jadi sedikit tau kalau dia pun sama seperti anak-anak SMA lain yang juga bingung tidak tau harus berbuat apa, tidak tau harus minta bantuan ke siapa ketika ayahnya seperti itu.  Soalnya aslinya (kayaknya) agak baik begitu kok, cuman ketutup karena orangnya sulit mengontrol emosinya sendiri dan tidak bisa mengekspresikan perasaannya ke sembarang orang. Makannya kelihatan kasar gitu.

Saya pun cukup kaget mendengar pengakuan Baek Hae Rin, pacarnya Choi Woo Hyuk, bahwa Choi Woo Hyuk aslinya tipe penyayang keluarga. Menjual jam ayahnya cuman untuk ngasih ibunya hadiah di Mother's Day. Dan sampai mengurung diri dikamar saking sedihnya dia saat neneknya meninggal. Bahkan ketika ayahnya ditangkap polisi saja (episode 8) dia khawatir banget, padahal kalau dipikir-pikir ayahnya suka mukulin dia kan. Yah pokoknya dari sini penilaian saya terhadap Choi Woo Hyuk jadi berubah sih.

Dan mengenai alibi yang dia sembunyikan pun menurut pengakuan ibunya karena malam itu Choi Woo Hyuk berada di rumah sakit menemani ibunya yang habis dipukulin (lagi) sama ayahnya. Dan dia tidak bisa cerita itu ke orang-orang, karena diancam oleh ayahnya. Duh...ternyata dia ada sisi baiknya juga yah...

6. Lee So Woo adalah Jongguk Watchman
Di episode 2, kita ditunjukkan bahwa Han Ji Hoon adalah pemilik akun Jongguk Watcman yang suka membantu para siswa disana. Tapi kemudian, di episode 6 kita mendapati kenyataan bahwa ternyata Lee So Woo lah pemilik asli akun Jongguk Watchman (berdasarkan temuan dari reporter Park), yang kemudian setelah Lee So Woo meninggal baru diambil alih oleh Han Ji Hoon.


Jujur saja, ketika mengetahui itu saya sedikit tidak percaya Jongguk Watchman adalah Lee So Woo, soalnya dia ini seperti tipe anak-anak pendiam yang tidak suka bersosialisasi. Tapi setelah membaca penjelasan seseorang di forum soompi, seperti di salah satu scene di episode 1, ketika Lee So Woo memandangi Go Seo Yeon terus, rasanya jadi masuk akal sih. Lalu juga scene lainnya ketika Lee So Woo mengungkapkan kekecewaan pada Go Seo Yeon yang ternyata sama saja seperti siswa lainnya. Disini cukup menjelaskan bahwa Lee So Woo sebagai Jongguk Watchman memang mengenal Go Seo Yeon.

Hanya saja saya jadi penasaran, selain memang ingin membantu siswa-siswa di Jongguk, sebenarnya buat apalagi sih dia mesti membuat akun Jongguk Watchman yang anonim begitu? Soalnya somehow....saya merasa Lee So Woo ini sama misteriusnya dengan Han Ji Hoon, apalagi dia seperti punya pemikiran yang 'berbeda'  dari orang lain.

7. Petunjuk baru di episode 8
Di episode ini, Go Seo Yeon menemukan petunjuk baru, berupa nomor-nomor telepon yang pernah menghubungi Lee So Woo sesaat sebelum dia meninggal. Dan setelah di cek, ternyata nomor itu berasal dari telepon umum di berbagai lokasi. Sehingga Go Seo Yeon pun mendatangi tempat-tempat telepon umum tersebut, untuk mencari petunjuk siapa orang yang menelpon Lee So Woo.

Dan sama seperti Go Seo Yeon, diawal saya mengira orang itu adalah Choi Woo Hyuk, mengingat salah satu lokasi telepon itu (seperti) berada di rumah sakit (saya teringat pengakuan ibunya Choi Woo Hyuk yang bilang bahwa ia berada di rumah sakit bersama Choi Woo Hyuk malam itu).

Tapi ketika seorang kakek penjaga toko mengaku pernah melihat seorang anak SMA menelpon dari telepon umum depan tokonya, kemudian ketika disodori beberapa foto siswa Jongguk High School (beserta foto Choi Woo Hyuk) dia tidak bisa memberikan jawaban, dari situlah saya sadar bahwa orang yang menelpon Lee So Woo adalah Han Ji Hoon.


Pertama, karena Choi Woo Hyuk bukan tipe orang yang mau ribet-ribet menelpon dari lokasi yang berbeda. Sedangkan Han Ji Hoon, because he's so smart, pasti deh memikirkannya sampai kesitu. Kedua, karena penjaga toko itu bilang bahwa anak SMA yang dia lihat sedang menangis dan berwajah sedih. Siapa lagi coba di drama ini yang selalu punya muka sedih? Cuman Han Ji Hoon! Ketiga, karena pada foto-foto yang disodorkan oleh Go Seo Yeon, tidak ada foto Han Ji Hoon termaksud disana. Lagi pula dia kan sebenarnya juga 'orang luar' sendiri, karena satu-satunya siswa dari Jongguk Art School. Keempat, karena dia adalah teman dan orang terdekatnya Lee So Woo, akan lebih masuk akal saja kalo dia yang menelpon. Dan yang kelima, ketika Go Seo Yeon cerita hasil temuannya itu ke anak-anak club yang lain (termaksud ke Han Ji Hoon), ekspresi Han Ji Hoon kelihatan sedikit kaget. Jadi memang sangat jelas kalau orang yang menelpon Lee So Woo adalah Han Ji Hoon.

Cuman yang jadi pertanyaan sekarang adalah, kenapa dia menelpon Lee So Woo berkali-kali pada malam itu? Dan kenapa mesti di lokasi yang berbeda-beda? Dan juga kenapa salah satu lokasi telepon umum tersebut ada yang dekat dengan kantor polisi? Why? Entahlah... Tapi intinya dari petunjuk ini jadi makin memperjelas bahwa kematian Lee So Wo ada hubungannya dengan Han Ji Hoon. Benar bukan?

***
Oke segini saja sih poin-poin yang bisa saya temukan. Sayangnya masih banyak yang belum terjawab, padahal drama ini tinggal 4 episode lagi. Semoga saja di sisa 4 episode nanti, teka-teki yang belum terjawab ini benar-benar bisa dijelaskan semuanya sampai tuntas...

Sekian...


credit picture: (1)(dramapotato)

No comments:

Post a Comment