Friday 10 February 2017

K-Drama: Romantic Doctor Teacher Kim [Review & Sinopsis]

Romantic Doctor Teacher Kim - 21 episode 

Han Suk Kyu as Boo Yong Joo/Kim Sabu
Yoo Yeon Seok as Kang Dong Joo
Seo Hyun Jin as Yoon Seo Jung
Yang Se Jong as Do In Bum

Sinopsis
Boo Yong Joo yang merupakan ahli bedah terkenal, tiba-tiba menghilang dan meninggalkan rumah sakit yang telah melambungkan namanya. Tanpa ada yang tau, ia pindah ke rumah sakit terpencil dan mengganti namanya menjadi Kim Sabu. Disana, dia bertemu Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jung  dan mengajari mereka makna menjadi seorang dokter yang sesungguhnya.


Review:
Romantic Doctor Teacher Kim rasanya cocok jika disebut sebagai the best medical drama dari semua drama bergenre medis yang pernah saya tonton. Mulai dari cerita, akting para pemain sampai eksekusi dramanya, semua dibuat tanpa cela, rapih, detail dan konsisten. Sangat tidak diduga karena pada awalnya saya tidak berekpektasi apa-apa dengan drama ini.


Saya rasa yang membuat Romantic Doctor unggul karena ceritanya lebih fokus ke isu-isu medis/kedokteran, bukan ke urusan politik rumah sakit atau juga kisah cinta para tokoh utamanya. Isu-isu yang mereka sampaikan terasa real dan tidak berlebihan, baik itu dari point of view para dokter, perawat dan pasien.

Dokter dan perawat (khususnya dari Dolddam hospital) pun digambarkan sebagai orang-orang yang sangat mengabdi dan sepenuh hati melayani para pasien. Hanya melihat mereka berjuang menyelamatkan pasien saja bisa sampai membuat kita terkagum-kagum. Dan sebaliknya ketika melihat mereka gagal menolong pasien, rasanya bisa sampai heartbreaking sekali.

Sehingga tidak heran kalau drama ini sering kali menyentuh perasaan, seperti rasa sedih yang menyayat hati, rasa menegangkan, hingga perasaan bahagia saking takjubnya. Ya...berbagai perasaan memang bisa kita rasakan disini, apalagi dengan pesan moral dan filosofi kehidupan yang bertebaran.

Selain itu, menonton Reomantic Doctor pun secara tak langsung memberi kita pengetahuan baru tentang dunia medis yang masih asing didengar


Dan jika membahas character development, saya rasa Kang Dong Joo adalah tokoh yang paling terlihat perkembangannya disini. Jika dibandingkan saat di awal dan akhir episode, sangat terlihat sekali perbedaan sifatnya, khususnya saat Kang Dong Joo bertugas sebagai dokter. Diawal, walaupun kita tau Kang Dong Joo adalah dokter yang cukup jenius, beberapakali pula juga dia mengecewakan kita saya, karena masih mementingkan ambisi dan egonya yang tinggi itu. Bahkan ketika disuruh menjadi asisten Do In Bum saja, Kang Dong Joo bisa sampai sangat kesal dan merasa tidak terima karena dianggap  'kalah' kemampuan dari rivalnya. Beruntung makin kesini dia berubah menjadi dokter yang tidak egois dan menyebalkan.

And the part of me is very happy with Yoo Yeon Seok as Kang Dong Joo because he gain more attention from this drama 😊. Yap..akting dia disini memang luar biasa sekali. Benar-benar total dalam menampilkan emosinya.


Lalu jangan lupa juga dengan Do In Bum (diperankan oleh Yang Se Jong, aktor pendatang baru) yang juga berhasil mencuri perhatian kita disini. Hampir saya kira dia adalah tokoh antagonis, ternyata setelah bertemu Kim Sabu dia pun menjadi bagian dari Doldam Squad juga. Dan berdua dengan Kang Dong Joo , mereka menjadi ahli bedah yang super kece ketika melakukan pembedahan bersama, padahal aslinya mereka bak anjing dan kucing yang sering berantem πŸ˜‚.

Makannya, saya selalu menunggu-nunggu adegan operasi di Romantic Doctor biarpun hanya ditampilkan sebentar, karena memang semua dokter dan perawatnya terlihat amat sangat keren ketika sedang melakukan pembedahan. Sayang harapan saya untuk melihat Kang Dong Joo dan Yoon Seo Jung bersama-sama melakukan operasi tidak terealisasikan di episode-episode akhir.


Dan karena dari awal drama ini fokusnya ke isu medis, romance antara dua pemeran utama memang sangat sedikit sekali porsinya. Tapi biarpun begitu momen-moment Kang Dong Joo-Yoon Seo Jung tetap asik untuk diikuti perkembangannya tiap episode, karena sedari awal chemistry mereka berdua sudah kuat sekali. Even itu hanya adegan ngobrol biasa, kita yang melihatnya juga sudah puas dan bahagia sendiri. Apalagi mereka bukan tipe couple yang berlebihan gimana gitu, biarpun kadang Kang Dong Joo nya agak kelewat cheesy didepan Yoon Seo Jung.

***
So...Romantic Doctor memang drama wajib, very recommended yang mesti ditonton oleh kalian, karena kalian akan dibuat merasa puas dengan semuanya. Biarpun episodenya lumayan banyak (20 episode + 1 episode spesial), dijamin kalian tidak akan bosan sama sekali, yang ada justru akan ketagihan dan merasa kurang. Apalagi...apalagi... akting dan tingkat kegantengan Yoo Yeon Seok makin keren luar biasa banget disini 😍😍


Sekian...
And happy watching....πŸ’™πŸ’š


source: asianwiki, DramaWiki
credit picture: PD Note (1)(2)(3)(4)(5)

No comments:

Post a Comment